«

»

Jun 19

Rafflesia Gadutensis Mekar di Objek Wisata Kemumu

BENGKULU – Sekuntum Rafflesia gadutensis ditemukan mekar di kawasan wisata air terjun Palak Siring, Kemumu Kabupaten Bengkulu Utara, berjarak 76 kilometer dari Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

“Kami temukan kelopak bunga mulai membuka kemarin dan diperkirakan mekar sempurna hari ini,” kata Anggota Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Utara, Umbara saat dihubungi dari Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan lokasi bunga mekar tersebut juga dapat dijangkau dari objek wisata “lorong watu” yakni spot air terjun di Sungai Kemumu yang mulai diminati wisatawan lokal penggemar wahana air.

Ilustrasi | Foto: istimewa

Habitat Rafflesia arnoldii yang mekar tersebut, menurut dia, berada di lintasan masyarakat petani yang merupakan spot ketiga dari lima lokasi Rafflesia yang ditemukan di sekitar kawasan itu.

“Lokasinya berada di lereng menuju perladangan, jadi rawan dirusak tangan-tangan jahil. Untuk sementara kami samarkan dengan rimbunan semak-semak,” ucapnya.

Umbara menambahkan, bila ingin melihat keunikan puspa langka tersebut, anggota KPPL siap mendampingi menuju lokasi.

Selain menikmati keunikan Rafflesia gadutensis yang diameternya lebih kecil dari Rafflesia arnoldii, pengunjung juga dapat menikmati wahana air di “lorong watu” atau lorong batu, sungai yang memiliki dinding batu.

“Atau memilih bermain wahana air di Air Terjun Palak Siring, Kemumu juga jadi pilihan menarik,” ucapnya.

Tiga tahun terakhir, anggota KPPL Bengkulu Utara rutin mengawasi habitat Rafflesia gadutensis di kawasan objek wisata air terjun Palak Siring, Kemumu yang berada di Hutan Lindung Boven Lais.

Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu, Sofian Ramadhan mengatakan wisatawan dapat menikmati dua jenis rafflesia yang mekar di Bengkulu yakni Rafflesia arnoldii di Kabupaten Bengkulu Tengah dan Rafflesia gadutensis di Kabupaten Bengkulu Utara.

“Saat ini ada dua bunga yang mekar masing-masing jenis Rafflesia arnoldii yang ukurannya lebih besar dan Rafflesia gadutensis,” kata Sofian.

Ia mengatakan hingga saat ini ada empat jenis bunga rafflesia yang teridentifikasi di kawasan hutan Bengkulu antara lain Rafflesia gadutensis, Rafflesia arnoldii, Rafflesia bengkuluensis dan Rafflesia hasselti.

(TK) | Sumber: Antara

Sumber : http://detak.co/rafflesia-gadutensis-mekar-di-objek-wisata-kemumu/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>